Sublime Text 2

PROFIL RSUD BUMI PANUA

GAMBARAN SARANA FISIK RSUD POHUWATO

Pada Tahun 2002 Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pohuwato sudah dirintis sejak Pohuwato masih bergabung dengan Kabupaten Induk yaitu Boalemo dan diresmikan penggunaanya pada tanggal 6 April 2006 oleh Gubernur Gorontalo. Dan pada Tahun 2011 RSUD Pohuwato telah beroleh tipe/kelas sebagai Rumah Sakit Umum Daerah dengan kelas C melalui ketetapan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK.03.05/I/1173/11 Tanggal 13 Mei Tahun 2011 dan telah terakreditasi 5 (lima) pelayanan dengan memperoleh sertifikat akreditasi dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Kementrian Kesehatan Republik Indonesia di Jakarta dengan nomor sertifikat : KARS-SERT/126/XI/2011. Adapun informasi dasar tentang RSUD Pohuwato adalah sebagai berikut :

1. Nama Rumah Sakit : RSUD Kab. Pohuwato
2. Pemilik : Pemerintah Kab. Pohuwato
3. Alamat : Jl Dr. Herizal Umar Desa Botubilotahu Kec. Marisa Kab Pohuwato
4. Telpon/Fax : (0043) 21088
5. Email : www.rsudpohuwato@ymail.com
6. Kelas : C
7. Akreditasi : 5 (lma) Pelayanan
8. Jumlah Tempat Tidur : 94 TT

Dasar Hukum /Landasan Oprerasional berdirinya RSUD

  1. Surat Izin Mendirikan Rumah Sakit Kelas C oleh Bupati Pohuwato Nomor 445/PEM/392.a/V/2011
  2. Surat Izin Bupati Pohuwato tentang Izin Operasional RSUD Pohuwato Nomor 445/PEM/392/V/2011
  3. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.03.05/I/1173/11 Tanggal 13 Mei Tahun 2011 tentang Penetapan Kelas Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo.
  4. Sertifikat dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit Nomor KARS-SERT/126/XI/2011
  5. SK Bupati Pohuwato Nomor 188/25/II/2013 tentang Penetapan Status Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pohuwato

Jenis dan jumlah bangunan, yang dimiliki sekarang meliputi Gedung :

a) UGD dan Radiologi Luas : 631 M2
b) Poliklinik Luas : 495 M2
c) Gedung Perawatan Kelas III Interna Luas : 400 M2
d) Gedung Perawatan Anak dan Kebidanan Luas : 732,4 M2
e) Gedung Perawatan Bedah Luas : 400 M2
f) Gedung Isolasi Luas : 192 M2
g) Rehabilitasi dan Fisiotherapy Luas : 300 M2
h) Farmasi/Apotik Luas : 140 M2
i) Laboratorium Luas : 200 M2
j) ICU Luas : 230,4 M2
k) Bedah Unit Central Luas : 600 M2
l) Instalasi Gizi/Dapur Luas : 81,9 M2
m) Laundry Luas : 42,6 M2
n) Gedung IPAL Luas : 96 M2
o) UTDRS Luas : 173 M2
p) Kantor Rumah Sakit Luas : 400M2
q) Gedung Jenazah Luas : 64 M2
r) Gedung VIP 1 Luas : 82, 5 M2
s) Rumah Dinas Dokter (4 unit) Luas : 125 M2/Unit
t) Rumah Genset Luas : 12 M2
u) Reservoir Air Bersih (Beton) Luas : 9 M2
v) Selasar Penghubung Panjang :350 M2
w) Tempat Parkir Luas :84 M2
x) Aula Luas : 188 M2
y) Musholah Luas : 81 M2

B. VISI

Suatu keinginan yang tidak berlebihan kiranya RSUD Pohuwato dapat tumbuh menjadi institusi layanan kesehatan modern, berkelas Nasional, dalam bentuk jejaring rumah sakit di seluruh Indonesia.

Visi RSUD mengandung makna cita – cita yang di inginkan seluruh pimpinan dan karyawan RSUD serta masyarakat, gambaran keinginan tersebut mengkristal dalam bentuk Visi RSUD Pohuwato Yaitu “Menjadi Rumah Sakit Rujukan di Wilayah Barat Provinsi Gorontalo”.

C. MISI

Agar visi menjadi kenyataan harus diupayakan cara untuk mencapainya, pilihan cara untuk mewujudkan visi menjadi pilihan utama masyarakat Pohuwato dirumuskan dalam misi sebagai berikut:

  1. Memberikan Pelayanan Kesehatan yang bermutu tinggi dan terjangkau sesuai perkembangan ilmu kedokteran.
  2. Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat melalui Promotif, Preventif, Kuratif dan Rehabilitatif .
  3. Pengembangan layanan unggulan
  4. Melakukan kerjasama dengan Pemerintah dan Swasta untuk memenuhi tenaga medis dan paramedis
  5. Meningkatkan kesejahteraan karyawan

D. TUJUAN

Pada garis besarnya, acuan yang digunakan untuk merumuskan tujuan adalah garis garisan yang telah di tentukan oleh pemerintah, dalam hal ini departemen kesehatan, departemen dalam negeri,pemerintah daerah dan departemen terkait. Adapun tujuan dari RSUD Pohuwato adalah.

  1. Mengupayakan tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang optimal bagi masyarakat.
  2. Menyediakan akses pelayanan kesehatan yang makin luas, profesional, efektif, efisien dan terjangkau bagi semua golongan masyarakat.
  3. Menjadikan RSUD Pohuwato sebagai pusat rujukan di Wilayah Barat Provinsi Gorontalo.
  4. Menjadikan RSUD Pohuwato sebagai jejaring pendidikan dan pelayanan keahlian di Wilayah Barat Provinsi Gorontalo.

E. NILAI-NILA

Dalam rangka mewujudkan visi dan misinya RSUD Pohuwato memiliki nilai dan keyakinan dasar yang merupakan budaya kerja dan menjadi pijakan, pegangan dan pedoman bagi direksi, unit kerja menejemen, unit kerja pelayanan operaioanl dan seluruh karyawan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

Nilai – nilai dasar (CORE VALUES) terdiri atas : profesionalisme (professionalism), kepedulian (responsiveness), kepuasan pelanggan (customer satisfaction), kewirausahaan (entrepreneurship), keterbukaan (Transparancy), efisiensi (efficiency), dan keadilan (equity). Rumusan nilai – nilai dasar adalah: seluruh jajaran RSUD Pohuwato tanpa terkecuali, dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya memiliki budaya kerja kelembagaan yang professional, efisien dan efektif, memiliki jiwa serta semangat birokrasi wirausaha yang berkeadilan dan terbuka disertai kepedulian yang tinggi terhadap tuntutan kepuasan pelanggan dalam upaya pencapaian visi dan misi rumah sakit.

Keyakinan dasar (CORE BELIEFS) terdiri atas : ibadah, keikhlasan, kejujuran, kebersamaan, kemandirian, optimism dan keramahan. Rumusan keyakinan dasar adalah visi dan misi RSUD Pohuwato akan dapat diwujudkan apabila seluruh jajaran tanpa terkecuali mampu bekerja dalam suatu tim yang senantiasa dilandasi niat beribadah yang mengedepankan dan berpegang teguh pada nilai keikhlasan, kejujuran, keramahan, yang disertai semangat kemandirian dan optimisme yang tinggi dalam suasana kebersamaan dan saling ingat mengingatkan.